KPRI Universitas Brawijaya -
Home » Berita » KPRI Universitas Brawijaya Jadi Koperasi Terbaik Nasional

KPRI Universitas Brawijaya Jadi Koperasi Terbaik Nasional

KPRI-UB | 28/08/2015 | 474x dilihat

tasyakuran juara 1

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG — Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Brawijaya (KPRI UB) menjadi koperasi terbaik nasional bidang jasa Tahun 2015. Prosesi penyerahan dilakukan secara langsung oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga bersamaan dengan peringatan Hari Koperasi Nasional ke-68, Minggu (12/7) di Kupang.

KPRI UB menjadi koperasi terbaik di bidang jasa  terpilih dari 100 koperasi berprestasi dari seluruh Indonesia Tahun 2015. Ketua KPRI UB, Imam Santoso mengatakan proses seleksi di mulai darin tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional, sehingga ditetapkan 100 koperasi berprestasi tingkat nasional. Dari 100 koperasi berprestasi tersebut diseleksi untuk ditetapkan  10 koperasi terbaik penerima penghargaan.

“Dari 10 koperasi terbaik penerima award,  KPRI UB menduduki posisi terbaik ke empat. Penghargaan kepada 10 koperasi terbaik tersebut langsung diserahkan oleh menteri koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga,”kata Imam, Rabu (15/7).

Selain meraih prestasi sebagai 10 koperasi penerima award dari menteri koperasi dan UKM, KPRI UB juga menerima penghargaan sebagai koperasi terbaik I di bidang jasa. Imam menambahkan bahwa panitia lomba melakukan tiga penilaian, yaitu penilaian dokumen, penilaian lapang (visitasi), presentasi. Hasil seleksi sebanyak  10 terbaik diundang di Kementerian Koperasi dan UKM RI Jakarta untuk mempresentasikan kondisi dan capaian kinerja.

Sedangkan kriteria yang ditetapkan oleh juri adalah kinerja koperasi yang dilihat dari kepatuhan terhadap AD/ART; jumlah anggota koperasi, aset dan omzet yang dimiliki koperasi, perkembangan Sisa Hasil Usaha (SHU), kegiatan-kegiatan untuk pendidikan bagi anggota, audit koperasi oleh Kantor Akuntan Publik (KAP), dan terobosan-terobosan inovasi bagi pengembangan koperasi. Penilaian kriteria-kriteria tersebut dilihat dari hasil kinerja KPRI UB dalam kurun waktu tiga hingga lima tahun terakhir.



Koperasi Pegawai Republik Indonesia
Universitas Brawijaya
Jl MT Haryono 169 Malang - Indonesia
Telp / Fax : (0341) 552-995
Phone / WA : 0822-3098-4120
Email 1 : kpri_ub@ub.ac.id
Email 2 : kpriub99@gmail.com